Taman Merjosari Malang, Taman Tematik Ramah Anak yang Wajib Kamu Datangi

Taman Merjosari Malang, sebuah taman yang dikonsep tematik. Dibagi menjadi beberapa bagian dengan tema yang berbeda.

Taman tematik tersebut berada di Kelurahan Merjosari, Kota Malang. Sebelah barat bekas pasar Sementara Dinoyo (Pasar Penampungan Dinoyo). Atau di sebelah timur lapangan sepak bola Merjosari.

Sebelum dibangun area pasar dan taman, dulunya berupa hamparan sawah yg selalu hijau ditumbuhi padi. Dikelilingi oleh kompleks perkampungan dan kos-kosan. 

Kebetulan daerah tersebut dekat dengan kampus Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang), sehingga ramai dengan mahasiswa yang kebanyakan tinggal di kos atau kontrakan.

Belum lagi ada kampus Universitas Gajayana Malang (Uniga Malang). Jelas menambah ramainya lokasi tersebut.

Kebetulan saya ke Taman Merjosari Malang pada hari minggu setelah menjajaki taman Merbabu. Merasa kurang puas bermain di taman tersebut, akhirnya lanjut ke Taman Merjosari ini.

Saya bersama dua putra kecil saya dan istri. Kami berempat awalnya mau masuk dari sebelah selatan. Parkir di sebelah selatan taman lalu lintas. Tapi tidak ada penjaga parkirnya. Akhirnya kami lewat yang sebelah utara. Ada dua pintu masuk parkir. Kami masuk yang di sebelah barat. Biaya parkir murah, hanya dua ribu rupiah saja.

Ternyata pintu masuknya ada di dekat parkiran. Yakni dari sebelah utara. Bukan di selatan, sesuai perkiraan saya awal tadi. Jadi kalau masuk lewat selain pintu utara, berarti masuk secara ilegal. Hehehe

Saat mau memasuki taman, saya sempat jepret papan identitas taman. Ini fotonya. Tertulis ramah anak.

Taman merjosari malang


Kemudian lanjut ke pedestrian yang di buat dari paving dengan lubang di tengah. Tujuannya untuk mempermudah resapan air. Dan bisa ditanami rumput hias di bagian lubang. Kanan kiri banyak pepohonan rindang. Di bawahnya ada tempat duduk duduk nyantai.

Taman merjosari malang


Anak saya langsung menuju ke mainan tangga. Untuk ukuran anak saya yang baru 2 dan 3 taun masih terlalu tinggi. Sehingga saya dan istri menuntun mereka hingga ke puncak tangga. Setelah puas, kami turun dan main jungkat jungkit sebentar.

Taman merjosari malang


Setelah itu, kami menjajaki beberapa taman tematik di sini.

Taman Tematik di Taman Merjosari Malang 


1. Taman Bugar


Setelah dari lokasi mainan tangga dan jungkat-kungkit, kami lanjutkan ke taman bugar.

Di bagian taman ini ada beberapa set alat olahraga modern. Mirip.seperti di tempat fitnes/gym. Hanya saja berada diluar ruangan/outdoor.

Taman merjosari malang


Kedua anak saya mengajak mencoba semua alat. Tentu dengan bantuan saya dan istri.

Taman merjosari malang


2. Taman Lalu Lintas


Lanjut nih. Ke taman lalu lintas. Tempatnya di sebelah selatan taman bugar.c

Anak saya mau saya foto tapi gak mau.

Saya hanya memfoto beberapa jepretan tentang taman lalu lintas ini.

Taman merjosari malang


Di taman ini sesuai dengan namanya, di hiasi dengan beberapa rambu lalu lintas. Lampu bangjo, belok kanan, belok kiri, dan lainnya.

Cocok buat ngajari anak-anak tentang rambu lalu lintas.

3. Taman Permainan


Di sebelah timur taman lalu lintas, ada taman mainan. Ada mainan kereta layang. Semacam kereta api, tapi di atas. 

Sayangnya, mainan ini tidak di fungsikan. Mangkrak.

Di bawah area rel nya dihiasi banyak bentukan bunga.

4. Taman olahraga


Ada dua lapangan olahraga anak. Lapangan basket dan lapangan skateboard.


Saat hari minggu ramai anak-anak dan remaja yang olahraga.



Mereka asyik menikmati olahraga sambil bermain bersama teman mereka. 

Setelah selesai menikmati semua taman tematik di taman Merjosari Malang tersebut, saatnya mencicipi kuliner.  Di deretan kios sebelah utara taman, berjejer puluhan jenis kuliner. Ditambah lagi sebelah timur taman, pedagang kaki lima banyak yang standby di sini.

Setelah menikmati kuliner, jangan lupa buang sampah ke tempat sampah. Di dalam dan di luar area taman banyak disediakan tempat sampah.

Related Posts